Membaca Sastra Pesantren

Diposting oleh thaliban alcharish pada 07:13, 20-Agu-16  •  Komentar (0)

ThumbnailPukul empat sore. Suara lantunan syi’ir menggema hingga sudut-sudut pesantren. Pertanda akan segera dimulainya pengajian kitab yang diasuh oleh Kyai. Bagi setiap santri salaf, tentu bunyi syi’iran di atas sudah tidak asing lagi. Bahkan sudah mendarah-daging dalam kehidupan mereka. Wajar saja, sebab syi’iran yang menjadi dasar acuan dalam pembelajaran ilmu nahwu (gramatikal bahasa arab) tersebut senantiasa terus ada dan berjalan... [Baca selengkapnya]

كَيْفِيَةٌ وَتَرْتِيْبُ الْقِرَاءَةْ فِي تَخْتِيْمِ الْقُرْأَنِ الْكَرِيْمِ لِاحْتِفَالِ آخِرِ السَّنَةِ

Diposting oleh thaliban alcharish pada 09:56, 15-Agu-16  •  Komentar (1)

ThumbnailAssalamualaikum. Wr. Wb. Sesuai dengan permintaan sahabati, berikut kami postingkan kaifiyah, tartib dan bacaan yang biasa dibawakan para santri yang telah berhasil lulus dalam program tachsinul quran baik dalam kategori Al Quran maupun Juz Amma. Prosesi penuh khidmat dan kebanggaan ini hampir selalu dipimpin langsung oleh Ibu Nyai Hj. Hidayatul Badi'. Berikut kaifiyah dan tartibnya: كَيْفِيَةٌ وَتَرْتِيْبُ الْقِرَاءَةْ فِي تَخْتِيْمِ الْقُرْأَنِ الْكَرِيْمِ لِاحْتِفَالِ... [Baca selengkapnya]

Masih Ingin Jadi Dukun Sukses?

Diposting oleh thaliban alcharish pada 08:56, 05-Agu-16  •  Komentar (1)

ThumbnailOleh si mbah Zaenal Maarif . Keluar dari pesantren pasti bingung, mau kerja kasar gengsi, disamping gak ada yang percaya tenaganya, mau dagang gak punya modal, ikut orang males, mau ngajar gak ada yang nyuruh juga telah banyak yang ngajar ngaji, mau jual jasa atau jual karya gak punya ketrampilan kecuali membaca kitan, dan setelah berusaha kesana kemari, ahirnya timbullah rasa putus... [Baca selengkapnya]

About Us

Diposting oleh thaliban alcharish pada 00:47, 15-Jul-16  •  Komentar (1)

Thumbnail“About us” .................... Memang sulit, Menyatukan 2 hal yang berbeda Dulu, ku tak percaya dengan kata-kata itu Karena aku tau, Dengan usaha yang besar dan keyakinan kuat Hal itu akan terwujud 2 Hal berbeda menyatu untuk saling melengkapi …But… Entah karena apa? Keputusasaankukah ? Atau Pikiranku yang telah berubah ? Kini … Kuberfikir lagi, dan ku merenung lagi. Kata-kata itu benar !!. Tak mungkin minyak bisa menyatu dengan air Meskipun aku telah berusaha membaca sikapmu Dan bahkan sikapku sendiri... [Baca selengkapnya]

Power Of Love

Diposting oleh thaliban alcharish pada 08:53, 05-Jul-16  •  Komentar (0)

ThumbnailOleh: Immeyra_Ca Aku percaya dengan kekuatan cinta. Dengan kekuatan itu tak jarang hal yang dianggap mustahil bisa terjadi. Dan ini ceritaku tentang ‘’Power Of Love”. Blora, 2005 Kami adalah sahabat yang selalu bersama. Semua hal kami lakukan bersama-sama. Saat itu aku baru kelas 1 SD, dan dia 2 tahun lebih tua dariku. Namaku Ina dan namanya Egi. Dia sangat istimewa bagi saya, dan... [Baca selengkapnya]

AL-MUNSYIDIN

Diposting oleh thaliban alcharish pada 09:31, 03-Jul-16  •  Komentar (3)

ThumbnailAssalamualaikum Wr. Wb Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad Al Munsyidin merupakan Hadroh dibawah pimpinan seorang habib besar yang semua pasti sudah mengenal beliau, yakni yang mulia Habib Luthfi Bin Ali Bin Hasyim Bin Yahya dari Pekalongan . Mungkin semua sudah tahu dan bahkan mungkin banyak yang sudah menontonnya secara live. Al Munsyidin ini merupkan salah satu Grup Hadroh populer di Indonesia , Mempunyai ciri khas... [Baca selengkapnya]

Alam Sudah Bosan

Diposting oleh thaliban alcharish pada 08:49, 30-Jun-16  •  Komentar (0)

ThumbnailBy : Shohibun Niam al Tarobani 26 Ramadhan 1435 H. “……” Guru saya pernah berceritra, bahwa dahulu ada sesepuh kamiyang pintar sekali ber-kiroto boso. Setiap nama pasti dapat diarti-maknakan olehnya. Contohnya seperti gedang, digeget yen bar madang (dilahap setelah makan) dan kerikil, keri neg sikil (menusuk geli di kaki). Beliau dikenal dengan mbah Sawit. Orangnya hitam, tubuhnya kekar dan ahli tulung (suka menolong). Salah... [Baca selengkapnya]

Muhasabatul Qolbi

Diposting oleh thaliban alcharish pada 07:27, 28-Jun-16  •  Komentar (4)

ThumbnailMuhasabatul Qolbi adalah Grup Sholawat Al Banjari yang berdiri sekitar tahun 2012. Nama Muhasabatul Qolbi sendiri dipilih oleh beberapa remaja santri kabupaten Jombang. Dalam arti bahasa arab, Muhasabatul Qolbi punya arti begitu indah yaituIntropeksi Hati. Selain memiliki nama yang indah, Grup ini juga mempunyai kualitas yang bagus pula. Terkenal akan sosok vokal utama, Mbak Dewi, yang memiliki keistimewaan suara sangat baik.... [Baca selengkapnya]

Pasang Surut Santri

Diposting oleh thaliban alcharish pada 00:51, 28-Jun-16  •  Komentar (4)

ThumbnailData pasang surut jumlah santri PP Adnan Al Charish minus mutakhorijin berdasarkan data statistik Madrasah Diniyah Al Musthofa mulai 8 tahun terakhir. . 1. 2009 = 162 2. 2010 = 158 3. 2011 = 136 4. 2012 = 139 5. 2013 = 151 6. 2014 = 177 7. 2015 = 205 8. 2016 = 235 9. 2017 = . Untuk tahun ini mutakhorij putra 11 orang, putri 6 orang. semoga kedepannya lebih... [Baca selengkapnya]

“YUK (ninggalin) PACARAN”

Diposting oleh thaliban alcharish pada 09:23, 27-Jun-16  •  Komentar (4)

ThumbnailOleh: Ustadz Felix ............................................. 1. "Emang pacaran dalam Islam nggak boleh ya?" | Iya, Rasul melarang segala jenis khalwat (berdua-duaan) yg bukan mahram, termasuk pacaran 2. "Walaupun beda negara? LDR gitu" | Mau beda negara, mau beda alam, mau beda dunia, LDR atau tetangga, tetep aja haram 3. "Kan pacarannya nggak ngapa-ngapain?" | Pacaran nggak ngapa-ngapain? Terus ngapain pacaran? 4. "Maksudnya nggak yang aneh-aneh gitu"... [Baca selengkapnya]

Oret-oret

Diposting oleh thaliban alcharish pada 08:46, 25-Jun-16  •  Komentar (2)

Thumbnail  Oret-oret By: Phangeran Walang     “Dingin sekali ya Wuus Wuuus   Nampak beberapa anak Sedang asyik sepertinya Di emperan ndalem pak yai Berjejer-jejer Bersandar Bersimpuh Berbaring Berselonjor kaki Memangku kitab putih Membuat beberapa coretan Dengan huruf pegon Semakin cepat dan cepat Lalu mulai ada satu dua yang terpejam Aaaah itu biasa   Semakin dingin sajaJalan gontai ambil jaket Yang hitam Lalu mencari tiang untuk sandaran Raih kitab dan coret2 lagi Saat melirik Oh dua tiga teman tlah diam Namun yang di seberang ramai sekali Suara kemeresek dan kunyahan Sampai... [Baca selengkapnya]

Rabun Tingkat Tinggi

Diposting oleh thaliban alcharish pada 13:33, 13-Jun-16  •  Komentar (2)

ThumbnailRabun Tingkat Tinggi By : Shohibun Niam al Tarobani “Mereka ada di depanmu. Apa kamu tidak melihatnya?” Dipondok pesantren, cerita yang paling laku untuk disimak dan menyita perhatian paling besar dari para santri adalah cerita seputar misteri. Walaupun resikonya terhitung sangat besar. Bagaimana tidak? Tak jarang setelah ajang gozib-gozib gaib ada anak yang tidak berani ke jeding untuk BBM (bret-bret-mpret atau buang hajat)... [Baca selengkapnya]

KAU FIR’AUN!!!

Diposting oleh thaliban alcharish pada 07:21, 19-Apr-16  •  Komentar (10)

ThumbnailKau Fir’aun Oleh: Phangeran Walang   Kalau dengar suara kentheng terasa seperti mendengar genderang perang. Bawaannya emosi melulu. Pasti sebentar lagi orang itu bakal nongol hidungnya, lalu dengan suara cempreng nyanyi ‘tangi-tangi-tangi, jamaah-jamaah-jamaah’ ..... bikin telinga sakit saja! “Bugh-bugh-bugh.....” Tuh kan bener... si Firaun sudah bangkit dari sarkofagus-nya. Mojok kamar, tarik kaki, ambil posisi tidur. Masa bodoh dengannya. “Ayo tangi-tangi! BUGH! Ayo tangi e! BUGH!” Sepertinya beberapa... [Baca selengkapnya]

JODOHKU KAH?

Diposting oleh thaliban alcharish pada 08:29, 05-Apr-16  •  Komentar (0)

ThumbnailCeritane Santri Bojonegoro ............................................... Cerita kali ini adalah cerita salah satu khadam mbah charish duuulu sekali. Dia memutuskan ndereaken mbh charish. Di pondok dia punya teman yang rumahnya hanya tetangga sebelah desa dia. Bertahan bersama di pesantren, meski akhirnya temannya itu hanya sampai 3 bulan saja mondoknya kemudian boyong. Suatu saat dia merasa sudah waktunya untuk menikah. Namun dengan siapa? Kenallah ia dengan... [Baca selengkapnya]

Bagaimana hukumnya sholat sambil mangku kucing, kang?

Diposting oleh thaliban alcharish pada 08:28, 30-Mar-16  •  Komentar (0)

ThumbnailKang ..... Kemarin saya lihat Budi pas duduk tahiyat tiba-tiba si Charlie (nama kucing) naik kepangkuannya. Padahal Charlie tidak pernah istinjak kan? Terus sholatnya bagaimana kang? Sholatnya ya sah-sah saja Lho?! Tapi kan sholat sambil membawa najis, Charlie itu tidak pernah bersuci lo setiap usai BAB Iya.... Terus? Terus apanya? Terus kok sampean mengatakan sholatnya Budi tetep sah-sah saja? Padahal salah satu syaratnya sholat kan harus... [Baca selengkapnya]

Saya Santri, Kamu Bagaimana?

Diposting oleh thaliban alcharish pada 08:24, 26-Mar-16  •  Komentar (3)

ThumbnailSaya Santri, Kamu Bagaimana? Santri itu siapa? Ada banyak pendapat. Bla bla bla. Saya punya definisi yang lebih sederhana. Santri itu orang-orang yang sama dengan kita sekarang ini. Tidur di pondok. Belajar di pondok. Belajar apa saja ... ilmu agama, ilmu sosial, ilmu kebatinan bahkan sampai ilmu pertukangan (nguli). Lengkap. Full day mulai bangun tidur sampai bangun tidur lagi dan sampai bangun... [Baca selengkapnya]